DARI HUT KOTA MERAUKE KE-109 KE HATI MASYARAKAT MERAUKE


Beberapa hari kedepan kota Merauke akan genap berusia 109 tahun. Tepatnya pada tanggal 12 Pebruari 2011. 1 (Satu) abad lebih sudah Kota Merauke hadir dengan segala perubahan dan pembangunan yang dilakukan mulai dari pelosok – pelosok kampung sampai ke kota. Kantor SAR Merauke sebagai salah satu instansi pemerintah yang berada di wilayah kabupaten Merauke dengan sendirinya ikut merasakan kebahagiaan yang dirasakan sebagaimana layaknya seseorang yang berulang tahun. Hal ini diwujudkan dengan ikut berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia ( Pemerintah Daerah. red ) perayaan ulang tahun kota Merauke.{READMORE}

Pada tanggal 7 Pebruari 2011 yang lalu kantor SAR Merauke mengikuti Karnaval/Pawai di sepanjang jalan protokol di kota Merauke. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekolah – sekolah mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang ada di Merauke, instansi – instansi pemerintah mulai dari vertikal sampai otonom termasuk kantor SAR Merauke, dan tak lupa jajaran TNI POLRI turut berpartisipasi. Peserta karnaval menunjukkan segala sesuatu yang menjadi kelebihan dan keistimewaan masing – masing.

Karnaval / pawai ini menjadi momen yang tepat bagi kantor SAR Merauke untuk lebih mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi BASARNAS kepada masyarakat umum. Peragaan Penanganan Korban ( MFR ) menjadi tontonan menarik bagi masyarakat yang menyaksikan karnaval. Masyarakat menjadi lebih mengerti bahwa tugas SAR tidak semata-mata mencari dan menolong saja namun juga dapat melakukan penanganan gawat darurat terhadap korban di lapangan. Petugas peraga kantor SAR Merauke juga sekaligus memperagakan bagaimana memindahkan / evakuasi korban yang mengalami keadaan gawat darurat (moving patient. red).

Selain peragaan diatas, turut diperlihatkan pula peralatan – peralatan SAR yang dimiliki oleh Kantor SAR Merauke seperti peralatan operasi Sar di air, di gunung hutan, di tebing dan ketinggian, peralatan pemadam kebakaran.

Menyambung kegiatan pawai / karnaval, keesokan harinya bertempat di lapangan Pemda Merauke dilaksanakan Pameran dan pasar malam selama 1 ( satu ) minggu kedepan. Kantor SAR Merauke turut pula mengikuti pameran ini. Show Room yang dimiliki di isi dengan mempertontonkan peralatan – peralatan SAR yang pada hari sebelumnya diikutsertakan dalam pawai / karnaval dan ditambahkan foto – foto kegiatan kantor SAR Merauke termasuk foto-foto operasi yang sudah dilakukan oleh Kantor SAR Merauke. Permainan ketangkasan Flying Fox menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi show room kantor SAR Merauke.

Ditulis oleh tim Pusdatin Kantor SAR Merauke.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
11 February 0:00 WIB