Pembekalan sehari menuju LATSARDA 2019


Jagebob (22/08) – Bertempat di balai Kampung Gurinda Jaya, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke, pagi ini dilaksanakan pembekalan bagi peserta latihan SAR. Tepat pukul 11.00 wit, pembekalan diawali dengan sambutan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke yang diwakili oleh Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga serta sambutan Komandan Pos Rayon Militer Jagebob mewakili aparat kampung. Tujuan dari pembekalan sehari ini adalah sebagai ajang untuk mengingat kembali ilmu pencarian dan pertologan yang sudah dimiliki oleh semua peserta. Latihan Sar Daerah sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Agustus mendatang di Distrik Jagebob. Latihan SAR dimaksud difokuskan pada pencarian dan pertolongan di gunung hutan atau Jungle Rescue. Tercatat sebanyak 62 orang peserta perwakilan dari seluruh kampung yang ada di Distrik Jagebob mulai dari organisasi aparat kampung hingga TNI dan POLRI yang bertugas di Distrik.

Peserta kembali dibekali dengan ilmu teknik pencarian seperti ESAR, Global Positioning System (GPS), penanganan patah tulang serta cara membuat tandu darurat. Latihan SAR daerah kali ini dilaksanakan di Distrik Jagebob sebagai salah satu wilayah yang frekuensi kondisi membahayakan manusia khususnya kasus orang hilang di hutan cukup tinggi. Oleh karenanya perlu dilatih dan diasah potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh potensi SAR yang ada di wilayah Distrik Jagebob. 

“Kita semua harus semangat, karna latihan ini sangat penting untuk kita disini. Pencarian dan Pertolongan adalah kemanusiaan yang harus kita hormati dan laksanakan sebagai manusia “ ujar Kepala Pos Rayon Militer Distrik Jagebob, M. Natsir saat menyampaikan sambutannya didepan peserta. (dwb/humas)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Minsar
22 August 11:30 WIB