Rencana Kontigensi SAR untuk menyamakan langkah antisipasi Kecelakaan/musibah


Merauke - Sebanyak 60 peserta hadir dalam Rapat Koordinasi Pencarian Dan Pertolongan yang kali ini dilaksanakan mendekati masa libur akhir tahun nasional. Kantor Pencarian Dan pertolongan Merauke menggelar Rapat Koordinasi pada tanggal 17 Desember 2018 yang melibatkan seluruh Stake Holder Potensi SAR yang ada di Kabupaten Merauke. Rakor yang dilaksanakan di Gedung Bella Viesta kali ini mengusung tema “ melalui rapat koordinasi Pencarian Dan Pertolongan kita tingkatkan kerjasama dan Kesiapsiagaan SAR dalam menghadapi kecelakaan, Bencana dan kondisi membahayakan manusia di kabupaten Merauke “. Sebuah tema yang diangkat demi memperkuat koordinasi lintas sector dalam pelaksanaan misi kemanusiaan khususnya di wilayah kerja kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke. Serta yang peling penting adalah untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan instansi Potensi SAR dalam mengantisipasi kejadian kecelakaan/musibah yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

WhatsApp Image 2018-12-17 at 1.38.49 PM (1).jpeg

Di dapuk mewakili Bupati Merauke dalam sambutannya ketika membuka rapat, Staff ahli bidang Pemerintahan, Hukum, Politik dan Publik Bupati Merauke Drs. Agustinus Joko Guritno M.Si menyampaikan bahwa prosentase kejadian kecelakaan/musibah di wilayah Merauke masih di dominasi kecelakaan pelayaran. Oleh karenanya koordinasi lintas instansi sangat-sangat dibutuhkan dengan tujuan menyamakan persepsi dan menyamakan pola tindak dalam penanganan kecelakaan khususnya pelayaran.

Rapat diawali dengan pemaparan oleh beberapa narasumber dari Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke, BMKG Merauke, Polairud Polres Merauke. Pengantar awal yang akan mengarahkan peserta rapat membahas dan menyepakati Rencana Kontigensi Kecelakaan pelayaran. Harapannya dengan disepakatinya Rencana Kontigensi Pelayaran tersebut akan semakin mempermudah aksi dan pola tindak setiap unsur yang terlibat dalam Operasi SAR, sehingga pelayanan jasa SAR kepada Masyarakat di wilayah Merauke akan maksimal.(dwb/hms)



Kategori Berita Kansar , General Berita .
Pengunggah : ratri dwiyani
17 December 16:00 WIB