BASARNAS TEMUKAN ZAINAL ABIDIN SETELAH TIGA HARI PENCARIAN.


Merauke (24/05) – Setelah 3 (tiga) hari dilakukan pencarian, hari ini pukul 18.00 wit korban kecelakaan kapal akhirnya ditemukan. Namun sayangnya Zainal Abidin ditemukan sudah tidak bernyawa lagi. Adalah tim SAR gabungan yang tergabung dalam tim  darat yang menemukan tubuh korban terdampar di pesisir pantai di kampung Duf Miraf Distrik Okaba. Lokasinya berada di koordinat 8°07'33,54"S - 139°36'39.07"E dengan jarak 67, 64 KM dan arah, 304,52°mengarah ke barat dari lokasi kejadian kecelakaan. 

Setelah dilakukan koordinasi dengan pemilik kapal serta nahkoda, maka diputuskan jenasah tidak lagi di bawa ke pusat layanan medis setempat melainkan dimakamkan di pemakaman di kampung terdekat. “ Kami sudah sepakat dengan nahkoda dan pemilik kapal bahwa jenasah langsung dimakamkan saja di sana karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan lagi jika di evakuasi” ujar Kepala Seksi Operasi Fajar Yuniarto mewakili Kepala Kantor Basarnas Merauke. “ Namun kami kembalikan lagi ke pihak perusahaan jika nantinya makam akan digali kembali itu menjadi hak mereka” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa telah terjadi kecelakaan kapal dimana seorang anak buah kapal dari KM. Matahari Abadi terjatuh di laut Arafuru pada tanggal 20 Mei lalu. Jatuhnya aanak buah kapal ini dilaporkan ke Pos Pencarian Dan Pertolongan Tual pada tanggal 22 Mei karna KM. Matahari Abadi bertolak dari Tual. Laporan lantas diteruskan ke Basarnas Merauke pada tanggal 22 Mei karena lokasi kejadiannya berada dalam wilayah kerja Basarnas Merauke.

Dengan ditemukannya korban, maka seluruh rangkaian operasi SAR secara resmi ditutup. Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke Raymond Konstantin, S.E menyampaikan ungkapan terimakasih kepada seluruh unsur potensi SAR yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung seperti dari Lantamal XI pos Kumbe, Pos Kepolisian di Pos Kumbe, serta masyarakat di desa Kumbe dan kampung Duf Miraf Distrik Okaba. dwb/humas



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Minsar
24 May 19:00 WIB