KAPAL BERMUATAN MINYAK MELEDAK, SISAKAN 1 (SATU) ORANG DALAM PENCARIAN


Merauke (0104) – Sebuah kapal bermuatan minyak dengan nama SPOB REFQY pukul 15.49 wit meledak saat tengah bersandar di dermaga milik seorang pengusaha di Merauke pada koordinat 08°28’39,72’’ S – 140°25’28,43’’ E. Keadaan ini langsung di respon dengan cepat oleh personil Anak Buah Kapal (ABK) Rescue Boat Basarnas Merauke yang kapalnya sedang bersandar di dermaga Perikanan Kelapa Lima Merauke tidak jauh dari lokasi kejadian. Pukul 15.55 wit 1 (satu) tim ABK bergerak menuju lokasi kejadian mempergunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) dan berhasil mengevakusi 3 (tiga) orang dari atas kapal naas tersebut. Dari ketiga orang tersebut, 1 (satu) korban mengalami luka bakar hampir seluruh tubuh dan 2 (dua) rekannya selamat. Korban terbakar bernama Saharudin (laki-laki/34 th) dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Bunda Pengharapan (RSBP). Berdasarkan keterangan dari korban yang selamat, masih ada 1 (satu) rekannya yang berada di kamar mesin. Atas dasar keterangan inilah maka pukul 16.00 wit, 1 (satu) tim Rescue lagi dikerahkan dari kantor untuk melakukan upaya evakuasi korban di dalam kamar mesin. Korban dilaporkan bernama Saldi berjenis kelamin laki-laki dan belum diketahui umurnya. 

Setibanya di lokasi kejadian dilakukan pencarian di dalam kamar mesin namun korban tidak ditemukan. Personil yang mempergunakan baju tahan panas mencoba masuk dan mencari lebih jauh ke setiap penjuru ruangan dalam kapal namun hasilnya juga nihil. Kuat dugaan korban Saldi melompat ke air untuk menyelamatkan diri. 

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke melalui Kepala Subseksi Operasi dan Siaga, Fajar Yuniarto,S.E menyampaikan dalam keterangannya bahwa fokus pencarian adalah di atas kapal dan juga di permukaan air sungai Maro disekitar lokasi kejadian kecelakaan. “Kami bersama tim gabungan di lapangan memanfaatkan sisa hari ini sampai gelap nanti untuk mencari. Setelah itu akan kami evaluasi tindakan yang akan kita lakukan kemudian” tutupnya.

Penyebab terjadinya ledakan masih dalam pendalaman oleh kepolisian yang saat ini juga turun ke lokasi kejadian. 

Sampai dengan berita  ini diterbitkan, korban belum diketahui keberadaannya dan masih dalam pencarian tim SAR gabungan di lapangan.(dwb/humas)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Minsar
1 April 17:00 WIB